Fallingwater Residence

Photo of author
Written By admin

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur pulvinar ligula augue quis venenatis. 

Keindahan Fallingwater Residence, Karya⁤ Master Frank Lloyd Wright

Selamat ​datang Designrumah.co.id,⁢ tempat​ terbaik untuk mengeksplorasi dunia ​arsitektur dan desain! Sebagai seorang arsitek dengan pengalaman lebih‌ dari 10 tahun, saya senang dapat berbagi pengetahuan mengenai bangunan-bangunan indah dan inspiratif, termasuk sebuah bangunan unik bernama Fallingwater​ Residence yang akan kita bahas hari ini.

Fallingwater ⁤Residence adalah sebuah ⁤rumah di daerah pedesaan Pennyslvania,⁣ Amerika Serikat yang terkenal karena desainnya yang unik dan indah. Bangunan ini menjadi salah satu contoh terbaik arsitektur organik yang pernah dibuat, dengan aliran air di sekitarnya berpadu dengan desain bangunan sehingga menciptakan suasana natural yang menakjubkan.

Sejarah Fallingwater Residence

Bangunan ini dibangun pada tahun 1935 ​atas permintaan Edgar J. ⁢Kaufmann, seorang pengusaha ⁣yang menginginkan sebuah rumah di ⁢tengah‍ hutan‍ agar keluarganya⁤ dapat ‍menikmati alam dan keindahan sekitarnya. Untuk membangun rumah tersebut, Kaufmann⁤ memilih seorang ‍arsitek terkenal dan bernama Frank Lloyd Wright, ‍yang​ kala itu sudah dikenal sebagai ⁣salah‍ satu arsitek terbaik dan berpengaruh di dunia.

Frank Lloyd Wright mengambil posisi bangunan ‌tepat di atas aliran air yang mengalir di sepanjang ⁣lahan, sehingga rumah pun tampak seperti menyatu dengan alam sekitarnya. Desainnya yang organik dengan warna-warna ⁤natural ⁤dan penggunaan bahan-bahan alami seperti batu dan kayu ⁤membuat bangunan ini terlihat sangat memukau dan menakjubkan.

Site Plan Fallingwater Residence

Tentang Frank Lloyd ⁣Wright

Frank Lloyd Wright, arsitek ⁤legendaris yang pernah memenangi berbagai penghargaan bergengsi ini, lahir pada tahun 1867 di sebuah desa di ⁢Wisconsin, ⁣Amerika Serikat. Sejak kecil, ia sudah ‌menunjukkan minat dalam bidang arsitektur, dan berusaha mengembangkan kemampuannya sendiri dengan membaca buku-buku‌ tentang teori arsitektur dan ​melukis gambar-gambar desain.

Setelah lulus dari‍ sekolah tinggi,‌ Wright mulai bekerja sebagai asisten arsitek di beberapa kota besar di​ Amerika Serikat seperti Chicago ⁤dan New York. Namun, ia tidak puas dengan cara kerja dan teori-teori arsitektur yang​ diajarkan oleh universitas-universitas pada masa itu, sehingga dia memutuskan untuk‌ menciptakan gaya dan prinsip baru yang lebih organik dan natural.

Frank Lloyd Wright

Desain Fallingwater Residence

Seperti ‍yang sudah disinggung sebelumnya, Fallingwater Residence mempunyai desain yang sangat unik dan natural.⁤ Bangunan ini dibangun berdasarkan prinsip-prinsip arsitektur organik‍ yang dianut ​oleh ⁤Frank Lloyd Wright, yaitu mengintegrasikan bangunan dengan lingkungan⁣ sekitar agar terlihat⁣ seperti bagian⁢ dari alam itu sendiri.

Desain bangunan ini dapat dilihat dari penggunaan bahan-bahan alami seperti​ batu dan ⁤kayu, serta pemilihan warna hijau dan coklat yang menyesuaikan dengan alam sekitarnya. Selain itu, Wright ​juga mempertimbangkan tata letak bangunan agar‍ memaksimalkan‍ pemandangan alam sekitar, seperti air terjun dan hutan yang mengelilingi bangunan.

Desain Interior

Tidak hanya bangunan luarnya⁢ yang⁢ memukau, tetapi interior bangunan​ ini pun​ sangat menarik ⁢perhatian. Frank Lloyd Wright menggunakan prinsip yang sama dalam merancang interior bangunan ini, yaitu⁤ dengan memperhatikan keindahan alam di sekitarnya.

Salah satu contohnya adalah kamar tidur ‌yang memiliki jendela ‌besar dengan ‍pemandangan alam di luar. Wright juga menggunakan elemen kayu dan batu untuk memberikan kesan natural dalam ruangan. Selain itu, kolam renang dalam ruangan dan⁣ teras yang luas juga menjadi daya tarik tersendiri dari bangunan ini.

Biaya Pembangunan Fallingwater Residence

Meskipun dibangun pada awal tahun 1930-an, biaya pembangunan Fallingwater Residence sangat tinggi jika dibandingkan dengan biaya pembangunan rumah ⁤pada masa itu. Menurut laporan, total biaya pembangunan rumah ini mencapai sekitar $155.000 pada saat itu, yang setara dengan sekitar $2,8 juta pada tahun 2021.

Meskipun mahal, ​keindahan dan desain unik dari bangunan ini membuatnya tetap populer hingga sekarang. Pada‍ tahun 1963, Fallingwater Residence diakui ⁢sebagai ‍National Historic⁤ Landmark oleh pemerintah⁢ Amerika Serikat dan dijadikan sebagai museum ‌yang dapat dikunjungi oleh siapa saja.

Bagaimana Mengunjungi Fallingwater ⁢Residence

Jika kamu tertarik untuk mengunjungi Fallingwater Residence, kamu dapat‌ mengunjungi situs web resminya untuk informasi lebih lanjut mengenai tiket⁣ dan⁢ jadwal kunjungan. Fallingwater Residence terletak sekitar 2,5 jam berkendara dari ⁢kota Pittsburgh, sehingga kamu harus berencana⁤ dengan baik ​untuk perjalananmu. Namun, jika ‍kamu ⁢suka dengan pemandangan alam dan desain arsitektur yang unik, Fallingwater Residence adalah sebuah tempat yang wajib untuk kamu kunjungi.

FAQ Tentang Fallingwater Residence

1. Apa yang membuat Fallingwater Residence begitu unik?

Jawaban: Fallingwater Residence⁤ dirancang menurut prinsip-prinsip arsitektur organik yang menggunakan bahan-bahan alami dan memperhatikan lingkungan di sekitarnya, sehingga terlihat seperti bagian dari alam yang ada.

2. Siapa arsitek yang merancang Fallingwater Residence?

Jawaban: Fallingwater Residence dirancang oleh arsitek terkenal bernama Frank Lloyd​ Wright.

3. Berapa ‍biaya pembangunan Fallingwater Residence?

Jawaban: Total biaya pembangunan bangunan ini mencapai sekitar $155.000 pada awal tahun 1935.

4. Apakah Fallingwater Residence masih berfungsi sebagai rumah?

Jawaban: Tidak. Sekarang Fallingwater Residence dijadikan museum yang dapat dikunjungi oleh siapa saja.

5. Apa yang membuat ‌Fallingwater Residence terkenal hingga⁤ sekarang?

Jawaban: Keindahan dan desain unik Fallingwater Residence membuatnya diakui sebagai National Historic Landmark dan menjadi ⁤salah satu ⁤tempat wisata arsitektur paling populer di dunia.

Kesimpulan

Fallingwater ⁣Residence adalah sebuah bangunan unik​ dan indah yang menggabungkan keindahan alam dengan desain arsitektur yang ​unik dan organik.​ Dirancang oleh arsitek⁢ terkenal Frank Lloyd Wright pada awal⁢ tahun 1930-an, bangunan ini masih‌ menjadi tempat wisata arsitektur paling populer‌ di dunia hingga sekarang. Jika kamu mencari tempat yang ⁣inspiratif⁣ dan menenangkan, maka Fallingwater Residence adalah tempat yang tepat untukmu.