Zaha Hadid: Arsitek Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia

Photo of author
Written By admin

Lorem ipsum dolor sit amet consectetur pulvinar ligula augue quis venenatis. 

Siapa Zaha Hadid?

Zaha Hadid adalah seorang arsitek perempuan yang sangat berpengaruh di dunia. Ia lahir pada 31 Oktober 1950 di Baghdad, Irak. Hadid dikenal karena desain-desainnya yang futuristik dan inovatif. Ia adalah wanita pertama yang meraih Pritzker Architecture Prize, penghargaan tertinggi dalam bidang arsitektur, pada tahun 2004.

grayscale photo of man walking on road

Pendidikan dan Karir Zaha Hadid

Hadid menyelesaikan pendidikannya di American University of Beirut sebelum melanjutkan studi arsitektur di Architectural Association di London. Setelah lulus, ia bekerja di Office of Metropolitan Architecture, sebelum akhirnya membuka biro arsitek sendiri, Zaha Hadid Architects, pada tahun 1980.

Karya-karya Terkenal Zaha Hadid

Sejumlah karya Hadid telah mendapatkan pengakuan internasional. Beberapa di antaranya adalah Vitra Fire Station di Jerman, Rosenthal Center for Contemporary Art di Amerika Serikat, dan Guangzhou Opera House di China. Karya-karyanya tidak hanya terbatas pada bangunan, tetapi juga mencakup desain interior, perabotan, dan bahkan perhiasan.

Penghargaan yang Diterima Zaha Hadid

Selain Pritzker Architecture Prize, Hadid juga menerima berbagai penghargaan lainnya seperti RIBA Stirling Prize pada tahun 2010 dan 2011. Ia juga dianugerahi gelar Dame oleh Ratu Elizabeth II untuk jasa-jasanya dalam bidang arsitektur.

Meninggalnya Zaha Hadid

Zaha Hadid meninggal pada 31 Maret 2016 di Miami, Amerika Serikat. Meski demikian, warisannya dalam dunia arsitektur tetap hidup dan terus menginspirasi banyak arsitek muda di seluruh dunia.

People Also Ask

  1. Apa gaya desain Zaha Hadid? Gaya desain Zaha Hadid sering disebut sebagai “arsitektur parametrik”. Ia dikenal karena pendekatannya yang inovatif dan futuristik, dengan bentuk-bentuk bangunan yang cair dan dinamis.
  2. Bagaimana pengaruh Zaha Hadid dalam dunia arsitektur? Sebagai wanita pertama yang meraih Pritzker Architecture Prize, Zaha Hadid telah membuka jalan bagi banyak perempuan dalam bidang arsitektur. Gaya desainnya yang unik dan inovatif juga telah memberikan kontribusi besar pada perkembangan arsitektur kontemporer.
zaha hadid a large building with a very long curved roof

Kesimpulan

Zaha Hadid adalah seorang ikon dalam dunia arsitektur. Dengan gaya desainnya yang unik dan inovatif, ia telah meninggalkan jejak yang tidak terhapuskan dalam sejarah arsitektur dunia. Meski ia telah tiada, namun warisan dan pengaruhnya masih terasa hingga saat ini. Zaha Hadid adalah bukti bahwa perempuan dapat meraih kesuksesan dan pengakuan di bidang yang didominasi oleh laki-laki.

low angle photography of architecture building